Banana Fish (2018)

Alert!
Aku membahas anime ini sesuai dari opiniku sendiri dan tidak ada niatan sama sekali untuk pro homoseksual atau biseksual. Dan adapun couple-coupe special disini aku melihatnya sebagai soulmate atau bestfriend bukan karena pro sebuah hubungan percintaan sesama jenis atau apapun. Bagi kalyan yang anti banget sama genre yaoi atau yuri yang gak jauh dari LGBT, aku gak bisa bilang kalau sobat harus menonton ini. Jadi mohon untuk tidak menimbulkan kesalahpahaman. Apalagi sekarang yang lagi booming kasus Reynhard Sinaga, jadi dimohon sangat untuk tidak berpandangan negatif hanya dari satu sisi. Memang genre ini sudah biasa bagi anime lovers dan para otaku, tapi aku tetap memberi saran untuk tetap bertoleransi. Dan seperti biasa kita sebagai penonton dan penikmat film harusnya lebih bijak dan mengambil apa sekiranya yang bisa dijadikan moral value. Toh semua peristiwa dalam film bisa saja terjadi di lingkungan sekitar kita. Saia percaya kalau kalyan semua adalah orang-orang cerdas yang berpikir sebelum menjudge sesuatu.
Back to the anime. Let’s get to the profile
Tittle                      : Banana Fish
Episodes                : 24
Aired                     : Summer 2018
Studios                  : MAPPA
Genre                    : Action, Adventure, Drama, Shoujo
Bagi aku sendiri anime ini benar-benar oke, keren and amazing banget. Dan sejauh ini seingatku hanya Bungo Stray Dog yang genre nya mafia yang cuma aku tonton. Dan ini adalah genre mafia yang aku tonton kedua. Mafia basically more action, war, gun, and charity, so I think this is genre that I most prefer than the other. Banyak banget aksi-aksi keren, seperti seni menembak, nama-nama keren pistol, bom atau apalah, bertahan hidup yang keliatan real banget di dunia bawah yang gak kita tahu.
Banana fish sendiri adalah nama obat yang bisa dibilang campuran senyawa kimia seperti psilocybin, lysergic acid dietylamide dan inert alkaloid beserta campuran halusinogen dan drug lainnya seperti morphine. Aku gak tau ini emang beneran ada atau gak, tapi kayaknya emang ada yang mirip tapi di anime ini sedikit di lebih-lebihkan dan dibuat se dramatis mungkin dan ada episode yang menjelaskan bahwa bahannya juga bisa diekstrak dari kaktus tertentu. Jadi di anime, obat ini merupakan obat ilegal yang digunakan untuk memanipulasi orang-orang agar mereka dapat dikendalikan pikirannya alias menjadi robot.
Menurut aku plot nya udah bagus banget beserta problem-problemnya yang kompleks dari organisasi mafia seperti Cape Cod yang merupakan milik Dino Golzine, dan geng-geng bawah seperti geng jalanan dan geng yang di Chinatown yang dipimpin Shorter.
Sekarang kita lanjut ke karakter-karakter kerennya. Aslan Jade Callenreese atau Ash Lynx (17years) merupakan seorang yang kabur dari Dino karena dia ini dijual sebagai pelacur laki-laki dan pemuas nafsu bejat para gay. Ash memiliki masa lalu yang kelam yaitu saat usianya 8 tahun ia pernah diperkosa oleh 3 orang laki-laki suruhan Dino, dan diperkosanya itu puarah banget udah kayak bukan manusia lagi, bisa dibilang diperlakukan sebagai hewan, abusing sexual child dan dia masih kecil banget. Hingga suatu hari Ash mencuri pistol dari ayahnya dan menembak mereka saat akan diperkosa. Itulah saat pertama kali dia membunuh. Dan sekarang membunuh menjadi satu-satunya cara bertahan hidup.
Ash diambil Dino dan sering dijadikan pemuasnya dan dijual kepada para gay lainnya. Dia dilatih oleh Blanca agar menjadi mafia pro dan suatu saat Dino akan mewariskan Cape Cod pada Ash. Ash memiliki seorang kakak dan kakaknya pergi ke Iran sebagai tentara, sayangnya Dino memerintahkan untuk menjadikan semua tentara disana sebagai kelinci percobaan dari Banana Fish tanpa tahu bahwa ada kakaknya Ash disana, akibatnya kakak Ash hidup seperti orang tak waras dan akhirnya mati ditembak.
Inilah alasan mengapa Ash yang awalnya tak bisa melakukan apapun untuk melawan Dino kini memiliki alasan kuat untuk mengalahkannya. Jadi Ash itu dibesarkan oleh kakaknya. Dia membentuk geng-geng dikota besar dan dalam waktu cepat dia mempunyai banyak anak buah. Dia bertemu Shorter di Chinatown saat ditugaskan Dino kesana dan saat itu mereka menjadi teman dekat. Dia juga bertemu Eiji (19years) dan dan Ibe. Nah Eiji ini merupakan special person buanget buat Ash. Bahkan ada adegan dimana Eiji tertembak dan Ash ngamuk sampai gaada yang bisa nenangin, Blanca juga membantunya. dan yang bikin tambah patah hati Shorter mati karena dibuat sebagai kelinci percobaan Banana Fish. Tertohok banget pas adegan ini. Ash udah menggila dan benar-benar haus membunuh karena semua orang yang disayanginya dibunuh seperti Skip, Shorter, kakaknya bahkan Eiji juga menjadi target.
Dan satu lagi rekan kuat lainnya yaitu Max Lobo. Disini aku bersyukur banget Ash dapet rekan yang lumayan bisa diandalkan dan bisa membantunya saat diserang. Mereka ketemu di penjara dan Max ternyata mantan rekan kakaknya Ash. Mereka sempat susah akur tapi akhirnya jadi rekan. Pas diakhir episode Max sempat ditangkap dan hampir buanget dijadiin kelinci percobaan, duh auto jerit-jerit aku nontonnya, Shorter udah mati masa Max juga. Ada juga yang namanya Sing, dia merupakan pengganti Shorter sebagai pemimpin. Aku suka banget karakter dia, pas semua orang bilang Ash killing Shorter dia tetap bisa tangguh dan berpikir jernih dan tak percaya dengan mudah bahwa Ash melakukannya tanpa alasan, toh Shorter adalah sahabat baik Ash. Dia akhirnya membantu Ash. Dan juga Yut Lung si ojoo-sama yang lemah gemulai tapi berbisa yang merupakan keluarga keturunan Lee tapi dendam banget sama mereka. Ash bahkan gabisa nerka apa yang ada di pikiran cowo cantik ini dan apakah dia enemy or friend. Tapi di akhir, Sing akhirnya masih gabisa benci Yut Lung yang udah jahat dan tetap disampingnya untuk ngelindungin dia dari keluarga Lee yang ingin membunuhnya.
Seru banget adventure Ash and friends, mereka kabur dari kota ke kota karena diburu Dino, mengumpulkan bukti adanya Banana Fish si obat setan, bahkan profesor Dawson, si pencipta obat ini juga turut menjadi kelinci percobaan karena dia awalnya membantu Ash.
Tapi inti dari semua ini adalah betapa sayangnya Ash ke Eiji, rela terluka, rela mati, rela melakukan apa saja untuk Eiji. Aku gak bahas banyak tentang Eiji karena benar-benar bikin sakit ati. Ash selalu nyuruh Eiji pulang agar dia aman karena mereka hidup di dunia yang berbeda. Sepasang sahabat yang berasal dari negara, ras dan latar belakang yang berbeda akhirnya menemukan rekan sehidup semati yang sangat sulit ditemukan. Aku sampe gak bisa nangis karena saking terlukanya aku mendalami cerita ini seolah suatu saat kita semua juga pasti akan ditinggal atau malah meninggalkan orang-orang yang kita sayangi. Sing pernah bilang kalau hubungan Ash dan Eiji bukan hubungan romantis sepasang kekasih melainkan seorang yang jiwanya bersatu dan membutuhkan satu sama lain. Yut Lung pas mau bunuh Eiji juga diceramahin sama Blanca kalau dia gak seharusnya merebut Eiji dari tangan Ash. Menurutku karakter Ash yang sangat terluka secara psikis ini amat dalam dan bahwa ia ingin menjauhkan Eiji dari dirinya dari kehidupannya yang keras adalah bukti bahwa inilah sosok teman sejati yang sesungguhnya.
Kalo dibiang Yaoi, disini hampir gaada adegan ekspose mengenai hubungan yang intens sesama laki-laki. Hanya konteks ceritanya saja yang merujuk pada Ash dan orang-orang jahat di sekitarnya yang merupakan gay. Gaada scene intim antara Ash dan Eiji dan ini merupakan poin penting bahwa anime ini gak menitikberatkan pada penyimpangan seksual. Malah menurut aku personally, ini mengajarkan kita bahwa penyakit psikis yang berakar dari kekerasan seksual entah untuk perempuan atau laki-laki adalah hal penting. Jangan membenci mereka melainkan support mereka. Biasanya mereka akan merasa jijik dengan dirinya sendiri dan bahkan merasa tak pantas dicintai. Eiji adalah sosok yang menerima Ash apa adanya, luar dan dalam. Berapa banyak orang yang membencinya atau takut padanya, Eiji tak pernah sekalipun memandangnya seperti makhluk buas yang cantik melainkan seorang anak manusia yang membutuhkan kasih sayang. Itulah kenapa Ash sangat ingin Eiji hidup bahagia dan tidak lagi berhubungan dengannya yang hanya bisa membahayakan hidupnya.
Saking pilu nya aku sampe gabisa nangis dan bikin frustasi banget. Tapi anime ini gak melodrama kog, cuz I prefer action dan sumpah ini keren banget. Kayan bukan animers kalo gak nonton ini.. just kidding kog gais hehe..
Aku dari tadi bilang keren banget, luar biasa bagus karena emang ini masuk daftar list recommended buanget. Dan dari angka 10 aku kasih nilai perfect, karena emang patut diacungi jempol.
Check pictures nya

 Suka ama Ash since dia dipenjara and meet Max


 Max udah kayak bapaknya

 dan bapaknya yang asli sedikit error

 kangen ama Shorter

 Ini dijelasin nama obatnya

 Yutlung sama

 Ini pas scene datang ke rumahnya Golzine dan wine segelasnya mahal banget sampe gak kuat minum wkwkw. makloom lah sobat misqueeen
 Arthur akhirnya died.. bersyukur gw


 Bad Ash VS Cute Ash .. kawaiii




 Sosok leader panutan







 Favorite scene

 Ash gak pernah jelek ya.



 Noh,, jeleknya kapan coba...





 Buset dah

 para jiji yang kerjaannya cuma gangguin idupnya Ash wkwkw
 Definisi real sahabat








 Young Ash
 Definisi real sahabat nyesekk woy



 Blanca menyadari bahwa Eiji udah seperti nyawanya sendiri bagi Ash
 Scene ini sakit atiiiiii banget.. seolah olah bapak yang sedang mendoakan anaknya di medan perang.
 Ular berbisa emang ya ni orang


 Kasian Ash, sampe kena penyakit anorexia hampir jadi gila



 Ini waktu Max berantem ama Jessica wkwkwk

 FIX GUA MAU JADI KEONGNYA...







Ni ceramahnya Yut Lung emang ada benernya

Sukiiii




Yup betol banget

 Malah jadi kek cinta terlarang wkwkk









 pen tak santet nih dua orang
 lebih bahenol dari gua njir


Blanca ini datang jauh-jauh dari pertapanya di Carribean, btw penulisnya ini pasti nge fans banget sama Ernest Hemingway


 Belajar bahasa inggris sama Ash auto jenius aiqyu 200





 suka sama duo big small ini.. cocok jadi partner



 ohoo.. fix cinta terlarang wkwkw






 Ash yang menggila


Terlahir ganteng dari sononya
definisi sahabat part 3


 kata kata favorit dari Blanca





Couple satu ini

Ekspektasi VS Realita


 Auto craiiiiii


 Clue = Ash emang bakal dead








 Huhuhhuu sedih bangettt




Tinggal terbang ke Jepang susah amat si Ash Ash hadooh, wong ya udah dibeliin tiket


Popular posts from this blog

Anime Kyouko Suiri

Kakegurui Live Action Season 2 (2019)

Dorama Jepang Love Last Forever (2020)