Galeri Fiksi Mini ; Si cerita kilat menarik minat

Dalam postingan kali ini admin akan menjelaskan sedikit banyak informasi mengenai cerita kilat. Kenapa admin menyebutnya cerita kilat? Sebenarnya ada nama-nama yang lebih populer dalam menyebutnya, namun banyak yang masih simpang siur. Seperti pertanyaan "Apakah fiksi mini itu sama dengan flash fiction?" Pernah gak nemu yang nanya begini? Kalo admin sih pernah. Terus seperti ini "Apa bedanya fiksi mini sama cerita mini atau cermin?" Sebenarnya tidak ada yang beda dari semua sebutan itu karena pada dasarnya semuanya mengacu pada cerita kilat yang dalam artian lebih pendek dari cerpen.
Jadi, cerita kilat itu sebutannya banyak buanget. Karena di era literasi modern beragam cara menamainya. Ada yang menyebutnya fiksi mini, cerita mini atau disingkat (akronim) cermin, cerita singkat, cerpen kilat. Kali ini admin akan menyebutnya fiksi mini aja ya, biar gak bingung.
Apa itu Fiksi Mini
Fiksi mini adalah cerita yang lebih pendek dan biasanya habis dibaca dalam waktu singkat namun tidak merubah struktur cerita. Dalam artian, meskipun pendek namun tetap mengandung unsur sebagaimana mestinya cerita, seperti adanya konflik, unsur intrinsik, awalan dan akhiran. Menurut Wikipedia jumlah kata berkisar antara 250-1000. Kalau biasanya cerpen diatas 1000 kata, nah kalau fiksi mini dibawah seribu kata. Jenis cerita modern ini tergolong sulit karena penulis diajak menelusuri kosakata dan perbendaharaan kata agar tak boros. Namun disinilah menariknya, terbatasnya jumlah kata yang semakin penulis tertantang untuk menyelesaikan cerita yang 'habis' dan bukan setengah-setengah. Meskipun sedikit, namun fiksi mini adalah cerita yang habis dan bukannya penggalan atau kutipan.
Tips menulis Fiksi Mini
Kesulitan dalam menulis Fiksi Mini tentunya adalah mencari kata yang pas dan tidak menguras. Berikut tips nya :
Seringlah baca-baca fiksi mini. Di era sekarang ada banyak sekali penulis yang menggeluti bidang ini. Nah cobalah searching cerita-cerita fiksi mini untuk menambah bendahara kata.
Tentukan konflik yang tidak bertele-tele. Sekalipun itu bertele-tele buatlah sebisa mungkin untuk tidak berbelit-belit. Ambil sekiranya kata yang dapat meringkas konflik dengan tepat.
Awali dengan kata atau kalimat singkat yang membuat auto penasaran. Karena disinilah uniknya fiksi mini.
Contoh : POCONG SEKARAT. Malam Jum'at tengah malam mendebarkan... bla bla.
Semacam ini gengs.
Klimaks atau akhir yang utuh. Maksudnya cerita yang selesai. Jadi pastikan tidka bersambung. Kembali ke struktur yang 'habis' tadi. Sebenarnya dalam contohnya, ada beberapa fiksi mini yang di akhir cerita menimbulkan penasaran pembaca. Ini tidak masalah asalkan tidak menimbulkan kesan bersambung. Karena nanti malah jadinya cerbung ya gengs. Jadi harus hati-hati. Pandailah pilih kata, caranya cuma satu. Yaitu banyaklah BACA.
Website fiksi mini
Tunggu dulu, ada bonus gengs. admin bakal kasih kalian beberapa situs website yang bisa kamu bisa jadikan media belajar fiksi mini. Di website ini akan kamu jumpai contoh-contoh fiksi mini yang bisa kamu jadikan referensi.
http://www.mondayflashfiction.com/
http://www.fiksmini.gregetan.com/
Satu lagi yaitu wattpad. Kalian bakal nemu banyak fiksi mini di sini.
Atau kalau penjelasan diatas masih kurang panjang lebar. Kalian bisa kunjungi https://jejakpublisher.com/2017/03/04/apa-itu-fiksi-mini/ Sebelumnya admin juga baca referensi disini. Supaya tambah ilmu silahkan dikunjungi 
NB : Kalau teman2 nemu link rusak please leave your comment ya 

Popular posts from this blog

Anime Kyouko Suiri

Kakegurui Live Action Season 2 (2019)

Dorama Jepang Love Last Forever (2020)